Monday 19 December 2016

Sejarah uang




Uang bukan segalanya Tapi segalanya pakai uang. Nah begitu kira-kira yang terjadi saat ini. Artinya uang di butuhkan untuk hampir di segala Hal. Namun apakah kalian tau tentang mengapa dan untuk apa uang itu ada? Oke kita akan membahas tentang Sejarah Awal nya mengapa uang yang kita kenal sekarang bisa menjadi alat nilai tukar yang berlaku dan diakui di seluruh dunia. Sebelum adanya uang, semuanya di dahului

Masa Pertukaran Non-Uang
Praktek Pertukaran yang terjadi di jaman dahulu, yang merupakan fungsi dari alat tukar itu sendiri sebagai berikut
Barter
Artinya sebuah interaksi serah terima barang atau ternak dengan barang lain yang memiliki nilai tukar sama atau berdasarkan Manfaat yang ada. Seperti gerabah tanah liat dengan ternak, atau Biji-Bijian dengan Buah buahan. Tidak ada ukuran atau standar nilai tertentu ketika itu. Pembeli bisa bertukar dengan nilai yang reltif berdasarkan segi manfaat dan kebutuhan. Ini di kenal dari zaman Pra sejarah sampai terjadi di era modern pada saat ini
Pertukaran jasa
Menjadi pertanyaan adalah tentang pertukaran jasa. Bahwa hal ini tidak dapat di pungkiri terjadi semenjak zaman prasejarah. Misalnya, perbuatan baik harus di balas baik, atau perbuatan baik (Jasa) bisa di balas dengan makanan (buah/ternak).  
Hadiah ekonomi
Ada teori sosial tertentu tentang hadiah ekonomi, ada yang beranggapan hadiah merupakan bentuk altruisme timbal balik, Hal ini bisa dilihat sebagai bentuk kelompok kecil zaman dahulu yakni Suku. Seorang kepala suku. Anggota suku bisa saja berasal dari keturunan sedarah, namun tidak dipungkiri berasal dari suku lain yang pernah dilindungi atau mendapat manfaat tertentu kepada suku tersebut sehingga anggota suku ini rela menukarkan apapun makanan/ternak dan lain lain dalam bentuk loyalitasnya atas perlindungan dirinya atau ketenangan serta kesejahteraannya atas pimpinan kepala suku. Kebiasaan ini mungkin mencerminkan altruisme, mungkin bentuk asuransi informal atau dapat membawa dengan itu status sosial atau keuntungan lainnya.

Awal Penggunaan Nilai tukar yang di akui
Berikut Gambar menerangkan Pertukaran dalam bentuk nilai tukar yang di akui di mulai dari masa 9000 SM

http://www.telegraph.co.uk/finance/businessclub/money/11174013/The-history-of-money-from-barter-to-bitcoin.html

Ternak digunakan sebagai bentuk awal dari mata uang dari 9000 SM dan seterusnya (Davies 1996 & 1999), Kedua hewan dan kotoran yang dihasilkan adalah berharga; hewan dicatat sebagai digunakan sebagai pembayaran sebagaimana dalam Diantaranya lembu, kambing domba
Di millenium ke 4 SM ditemukan bahwa Mesir sudah menggunakan emas sebagai alat tukar. Tahun 3000 SM di kenal dengan istilah berat dengan sebutan Sykal/shekel (11G) di mesopotamia sebagai penentu satuan berat, perak perunggu dan tembaga yang menjadi satuan berat mata uang mirip dengan Konsep British Pound yang awalnya di definisikan sebagai massa 1 Pound Perak. 
Alat tukar Mesopotamia 3000 SM  (Sumerian Bronze)
https://www.pinterest.com/pin/306315212134811628/
Logam mulia sebagai nilai tukar juga di kenal di peradaban sungai indus (India) Ditemukannya situs kuno yang di gali dan di temukan kepingan emas tua. Dengan periode karbon sekitar 2500 SM-1750SM.
zaman tiongkok kuno Dinasti Shang  (1675 SM-1029SM), Uang kerang ini disebut “Peng”, selain itu adanya nilai tukar  seperti tembikar, Tulang, Batu giok, dan logam mulia. Namun paling umum di jumpai adalah kerang.
http://www.china-tour.cn/Chinese-Arts/Ancient-Chinese-Coins.htm


Sejarah Mata uang Koin
Transaksi Logam mulia, menjadi angka yang bernilai di pasar besar yang di kenal di zaman yunani kuno 700-600SM dengan  istilah χρήματα(Chremata) yang di terjemahkan menjadi barang, atau sesuatu yang berharga. Dengan bentuk dan cap semi modern dan memiliki standar berat.


Menurut Herodotus (Bapak sejarah 484 SM- 425 SM), Lidia adalah orang orang yang menggunakan koin pertama dan membangun Toko-Toko Ritel di tempat permanen. Koin ini di cetak pada zaman atau dekat Zaman kekaisaran Alyattes. Daerah lidia sendiri merupakan Peradaban Yunani Kuno, Namun saat ini merupakan bagian dari negara Turki. berdasarkan sejarah Lydia telah di alih kuasa oleh Persia semenjak pertempuran Raja Croecos dan Cyrus II Tahun 546 SM. masuk dalam kekuasaan Khalifah Rasyidin (637 M-656 M) Lanjut dengan Era Ottoman dan selanjutnya Negara Turki sampai saat ini. 

Persebaran Mata uang Koin
Setelah mata uang dari Lydia ini kemudian di Produksi mata uang sejenis di Efesus Lalu menyebar luas ke daerah terdekat Iona,  Termasuk ke Mytilene dan  phokaia yang sama menggunakan Koin Electrum,  lalu Aeginia dengan Komposisi Perak. Dengan cepat menyebar ke seluruh Yunani Kuno dan Kekaisaran Persia.

Dominasi Penggunaan Perak dan emas ini semakin besar semenjak berlakunya kebijakan Bahwa tentara di bayar menggunakan uang koin. hal menyebabkan daerah daerah pertambangan semakin di ekspansi. Perak di tambang di attica, Laurium dan Thorikos. Dengan tenaga kerja besar termasuk Budak. Semenjak ditemukannya urat Perak besar di Laurium 483 SM terjadi ekspansi besar pada Armada Milliter Athena. akhirnya ekspansi Koin logam mulia tersebut menyebar cepat hingga ke Asia kecil,  dan dari situlah Menyebar luas ke seluruh Dunia.


Uang dan perak ini merupakan nilai tukar paling populer di dunia sepanjang sejarah, Bahkan di beberapa negara tertentu kata-kata Uang masih berhubungan dengan Emas dan Perak. Meskipun Logam ini begitu Populer namun ada daerah lain seperti Koin Kuno Sparta yang menggunakan Besi untuk mencegah warganya terlibat perdagangan dengan Bangsa lain.

Sejarah Mata Uang kertas
Dengan kepopuleran Mata uang logam ini, membuat kelangkaan bahan di beberapa daerah salah satunya Tiongkok Kuno zaman Dinasti Tang (618-907) Mulai berinisiatif mengganti alat tukar ke bentuk kertas yang berasal dari Kulit Pohon Murbei, dan kemudian di resmikan menjadi nilai tukar perdagangan yang diakui bahkan untuk pedagang di wilayah negara jauh. sistem ini berlaku lancar sampai akhir masa periode Dinasti Tang. Pada akhir periode itu, semua pedagang di undang selanjutnya di konversi dalam mata uang logam oleh pemerintahan dinasti tang dan peristiwa ini di sebut sebagai "Fey-Thsian". dan kepopuleran mata uang kertas ini berlanjut ke dinasti Song (960-1276). sampai Mata uang kertas ini di akui sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah pada Dinasti Yuan (1279-1367).

Mata uang Tiongkok Kuno dari Kulit Pohon Murbei.


Persebaran Mata uang Kertas Ke eropa

Berawal dari pelayaran Marco polo, Hingga ke Tiongkok di zaman pemerintahan. melihat peradaban yang besar Tiongkok zaman dinasti Yuan yang di pimpin oleh salah satu Tokoh Terkenal dunia. Kubilai Khan.  Salah satu misi Penting Marco polo mengunjungi asia yakni mencari inovasi terbaru bagi dunia Barat terkait, Masakan, Rempah-rempah, Sampai ke Bubuk Mesiu dan senjata perang lainnya.

Ada hal yang menggelitik Marco Polo ketika mengunjungi Tiongkok. Bagaimana bisa Kertas dari kulit Pohon Murbei yang daunnya digunakan sebagai makanan ulat sutera itu begitu berharga. sedangkan di barat sana dan belahan dunia lain banyak alkemis berusaha mengubah Logam biasa menjadi emas. Sedangkan begitu mudahnya kaisar Tiongkok mengubah Fungsi Emas dan perak menjadi selembar kertas. Setelah kembali  Marco Polo memberikan informasi berharga ini kepada Dunia barat dalam salah satu cerita perjalannya berjudul "How the Great Kaan Causeth the Bark of Trees, Made Into Something Like Paper, To Pass For Money All Over His Country". Konsep ini terdengar begitu aneh bagi pembaca Jurnal Travel Marco Polo, dan terdengar begitu menggelikan dan sangat rumit untuk di terapkan lalu di konversikan di eropa pada masa itu.

Uang pertama Eropa, Dibuat di Swedia oleh Stockholms Banco, 1666
Jauh dari Konsep uang kertas Pertama kali di perkenalkan Oleh Marco Polo di Abad ke 13.
https://en.wikipedia.org/wiki/Banknote
Konsep Uang kertas di terapkan pertama kali di Eropa Oleh Stockholms Banco tahun 1666, Stockholms Banco merupakan Bank di dirikan tahun 1657 Oleh Johan PalmStruch yang menjadi pelopor Sveriges Riksbank, yang merupakan Bank Central Swedia. 

Tahun 1694 Bank Of england di dirikan, akhirnya di mulailah Evolusi besar-besaran Penggunaan Koin Perak dan emas di gantikan dengan kertas yang di buat oleh Bank Of england yang ketika itu alat tukar kertas ini hanya sebatas catatan Kecil yang di tulis dalam Pound, Shiling, Pence yang di tanda tangani Pihak Bank. Semacam Cek pada saat ini yang catatan ini bisa di tukarkan dengan emas atau mata uang lain di bank. akhirnya catatan kertas Bank ini mulai mendominasi, 

Tahun 1725 Bank Of england menerbitkan catatan cetakan tersebut kedalam Naskah yang memiliki angka Nominal yang berbeda. 

Tahun 1759, Terjadi Kelangkaan emas akibat terjadinya peperangan, disinilah di mulainya evolusi Mata uang tersebut, Bank Of England mengeluarkan cetak uang pertamanya bernilai Sama rata dan tertulis cetakan dengan Nominal £ 10.

Perkembangan alat tukar zaman Modern

Konsep Credit Card sudah ada tahun 1800an dengan menggunakan Credit Coin and Charge Plates. Namun Bentuk Kartu Kredit yang kita kenal sekarang di awali oleh kartu "Charg-it" di perkenalkan tahun 1946 oleh John Biggins. Kartu ini di buat dan hanya di gunakan pada transaksi keuangan terbatas yakni pedagang yang bekerja sama dengan Bank kepemilikan John Biggins.
Kartu Credit pertama di dunia 1946
https://twitter.com/ecocashzw/status/601383373857267712
Selanjutnya Debit Card, dengan konsep yang sama dengan CreditCard namun, Costumer Bank hanya bisa menggunakan nominal uang yang di miliki dalam Rekeningnya. Di perkenalkan pada tahun 1966 (Sumber : Marketplace.Org), yang di gunakan Oleh Bank Wells Fargo, dan setelah itu banyak bank meniru dengan Konsep debit Card yang sama. pengguna Debit Card mencapai puncaknya tahun 1980-1990 dimana ATM bermunculan di seluruh Penjuru dunia.

Virtual Money
Uang Virtual tidak memiliki Fisik berikut hanya penggambaran saja.
Merupakan Mata uang Virtual jagat dunia maya yang telah di atur ketetapannya pada tahun 2012 oleh  European Central Bank. yang di katakan bahwa uang virtual ini biasanya di tempatkan, di kembangkan dan di kendalikan oleh pengembang selanjutnya di gunakan di komitas virtual tertentu. Hingga saat ini seperti halnya Bitcoin sebagai bentuk mata uang Virtual telah berkembang begitu pesat, bersamaan dengan pesatnya era jaringan Internet Global



*Dari berbagai Sumber

Komentar FB
0 Komentar Blog

No comments:

Post a Comment