Monday 13 February 2017

Sejarah Kondom

Lukisan 1000 SM, Mesir Kuno
Kondom merupakan alat kontrasepsi yang paling populer di dunia. Tidak jauh di indonesia saja hampir 200.000.000 alias 200 juta penggunaan kondom setiap tahunnya, namun apakah anda tahu tentang perkembangan dan sejarah kondom itu sendiri?

Zaman Kuno

Kondom di kenal sebagai alat kontrasepsi tertua, di perkirakaan alat kontrasepsi ini sudah ada semenja 15.000-11.000 SM, alias 18.000 tahun yang lalu. salah satu bukti adalah lukisan Kuno di Gua di perancis yang di sebut Grotte Des Combarrelles. yang merupakan bukti art Visual pertama dari adanya kondom semenjak zaman Purba. Para ilmuan sepakat gambar ini dimaknai sebagai penggunaan Kondom pertama

Keterangan pada tahun 3000 SM pada saat pemerintahaan Raja minos yang memerintah Kerajaan di Knososs. dikatakan bahwa raja ini memiliki racun ular dan kalajengking dalam air maninya, bahkan di ceritakan adanya wanita yang meninggal setelah berhubungan badan. untuk melindungi pada wanita bahkan istri, di ciptakan sebuah kondom khusus untuk wanita yang terbuat dari kandung kemih kambing, namun keterangan ini dianggap kontroversi beberapa ahli menganggap ini merupakan cerita belaka.

Dari Visual yang terlihat gambar tersebut tidak jelas Kondom namun lukisan dari mesir kuno yang sudah ada pada 1.000 SM atau 3000 tahun yang lalu menegaskan bahwa adanya alat pelapis kelamin yang sudah di gunakan pada masa itu. ilmuan berpendapat alat pelapis penis tersebut terbuat dari Kain linen. benda ini di gunakan untuk mencegah gigitan serangga sekaligus mencegah kehamilan.


Pada peradaban romawi kuno sekitar abad kelima, pada kuno itu sudah di kenal alat yang mencegah penyebaran penyakit seksual yang terbuat dari kantung kemih hewan (kambing atau domba) bahkan usus hewan.

Abad pertengahan

Sekitar tahun 14000 Masehi, di tiongkok dan Jepang benda yang dikenal mirip alat kontrasepsi ini menggunakan Glans Kondom,  yang tertutup hanya di bagian kepala kemaluan Laki-laki, yang di gunakan sebagai pengendali kelahiran maupun tersebarnya penyakit menular seksual. benda ini terbuat dari usus hewan, kertas yang di beri minyak, bahkan tempurung kura-kura

Pada tahun 1500an di Perancis, Gabrielle Fallopio, dikenal dengan alat yang berguna untuk menahan penyebaran penyakit Sifilis,  Fallopio menggunakan Usus Hewan, yang di rendam dengan menggunakan cairan Kimia, lalu di biarkan kering sebelum di gunakan. alat ini menutupi bagian penis dan diikat dengan pita, dari hasil percobaan Fallopio dari penggunaan 1100 orang peserta Pria, tidak ada satupun yang tertular pengakit sifilis. Setelah Penemuannya di terbitkan oleh De Morbo Gallicio tahun 1564, buku ini menyebar ke seluruh Eropa. pada tahun 1605 seorang teolog katolik Leonardus Lassius, mengutuk perbuatan ini karena dianggap mencegah hak seseorang untuk lahir. Dia menganggap tindakan ini sangat tidak bermoral

Pada Abad ke 18, mulai banyak terbentuk gerakan anti kondom di dunia, dari mereka juga banyak tergabung para dokter ternama, mereka mengutuk perbuatan ini sebagai tindakan tidak manusiawi dan tidak bermoral. lagi pula mereka menganggap kondom tidak sepenuhnya mencegah pengakit sifilis. namun pada abad ini justru pasar kondom tumbuh pesat, Usus hewan tersebut di rendam dalam cairan sulfur dan alkali hingga menjadi lunak.

Pada abad ke 19, kondom terbuat dari usus hewan cukup populer namun di kalangan menengah keatas, kalangan miskin tidak bisa menggunakan, sehingga persebaran penyakit kelamin masih tinggi di kalangan masyarakat rendah karena mahalnya harga kondom. Masyarakat kelas menengah kebawah memilih alat kontrasepsi lain seperti obat KB untuk mencegah kehamilan.  Tahun 1839 Charlos Goodyear mendirikan sebuah perusahaan Karet pertama dan terbesar di dunia, pada tahun 1855 kondom karet pertama kali di patenkan di perusahaan ini. Kondom ini diciptakan dengan  lebih steril (sekali menggunakan) dan efektif mencegah penyebaran penyakit. awalnya kondom karet di ciptakan hanya untuk menutupi kepala penis, namun sedemikian waktu karena penggunaan hanya pada kepala penis, alat ini sering jatuh sehingga di ciptakan kondom karet dengan lebih panjang.

Pada tahun 1920, Youngs Rubber Company pertama kali menciptakan kondom yang terbuat dari bahan lateks, bahan ini di kenal lebih tipis dan lebih kuat di banding kondom dari karet. serta memiliki umur penyimpanan yang lebih lama dari pada kondom karet. Harga Kondom lateks jauh lebih murah, karena hanya membutuhkan sedikit tenaga kerja dan proses di banding kondom karet, apalagi kondom yang terbuat dari kulit hewan.

Sampai saat ini di dunia sangat populer kondom yang terbuat dari bahan lateks, Pada awal sejarahnya kondom diciptakan sebagai alat pencegah penularan penyakit seksual seperti Sifilis maupun Gonorea, namun perkembangan zaman alat ini jauh lebih di gunakan sebagai alat pencegah kehamilan yang paling Populer di dunia



Sumber :

Pict

1 comment: